Pages

Subscribe:

Pilihan Bahasa

Cari Artikel

Custom Search

Check Berat Web/Blog dan koneksi internet anda!

Masukkan Alamat Blog/Web Max 10 Url:
(http://igovic.blogspot.com)

Monday, July 9, 2012

Haruskah melepas baterai laptop saat listrik AC terkoneksi langsung ke Laptop?

Banyak pengguna laptop yang menanyakan pertanyaan seperti ini termasuk gw juga xixixixixixi, setelah browsing sana-sini akhirnya gw menemukan jawaban yang gw pikir cukup tepat dan logis.
Memiliki baterai yang terisi penuh dan laptop terpasang AC listrik tidak berbahaya, karena begitu tingkat pengisian mencapai 100% baterai berhenti menerima pengisian energi dan energi ini langsung di bypas ke power suply laptop.
Namun ada kelemahan jika baterai masih terpasang di laptop ketika AC listrik masih terkoneksi, yaitu ketika laptop kita mengalami panas yang berlebihan hal itu akan menyebabkan baterai kita menjadi over heat. 
Jadi:
  • Dalam penggunaan normal, jika laptop tidak terlalu panas (CPU dan Hard Disk sekitar 40 º C sampai 50 º C) baterai harus tetap di socket laptop atau jangan dilepas; 
  • Dalam penggunaan intensif, dimana bisa mengakibatkan laptop kita mengalami panas yang berlebihan contohnya (Main Game karena suhu processor dan hardisk kita akan mencapai di atas 60 º C) baterai harus dilepas dari soket untuk mencegah over heat yang tidak diinginkan. Namun harus diperhatikan juga Suply listrik harus stabil karena apabila laptop kita menerima tegangan listrik yang tidak stabil malah bisa merusak hardware laptop kita, jadi jika kita memakai laptop dengan waktu yang lama lebih baik melepas batere dari socket dan suply listrik harus di beri UPS untuk mengatur tegangan yang masuk ke laptop.
Panas merupakan 100% musuh besarr yang sangat dihindari oleh Batere Lithium atau batere laptop yang umum kita pakai. tapi alangkah baiknya kita jangan terlalu sering melepas batere laptop saat kita memakai laptop karena hal ini pun bukan solusi terbaik kecuali anda yakin memiliki pasokan listrik dengan tegangan yang stabil.

Jika ada pertanyaan atau masukan silahkan komen aza key....

Source: Battery Care

Infolinks In Text Ads